Biografi Boden Powel

Hy...sobat Remaja's. Balik lagi nih...kali ini saya akan memposting tentang "Biografi Boden Powel". Sobat, saya mau tanya nih "Apakah sobat berjiwa PRAMUKA ?....." hohoho tapi saya sudah menebak pasti sobat menjawab dg lantang "IYA...!!!",karena sobat sedang search "Biografi Boden Powel" hehehe,karena jiwa seorang Pramuka harus tau dulu tentang pendirinya yaitu Boden Powel.....tanpa basa-basi lagi deh,okee Cekidhooot :



BIOGRAFI BODEN POWEL





Lord Robert Boden Powel of Gilwel merupakan nama lengkap Bapak Pramuka se-dunia. BP (nama panggilannya) memiliki nama kecil/asli Robert Step Hanson Smyth, beliau lahir pada tanggal 22 Februari 1857 di London,Inggris. Ayah BP bernama Prof.Boden Powel (seorang Prof.Geometri di Universitas Oxford) dan Ibunya Miss.Henrieta Grace Smyth. Beliau memiliki 9 saudara yaitu :
1. Warrington        6. Agnes
2. Geoge               7. Henrieta
3. Augustus           8. Jessica
4. Frank                9. Baden Fletcher
5. Penrose


    Boden Powel termasuk orang yang sangat disenangi oleh teman-temannya karen ia selalu gembira,cerdas,suka bermain musik,bersandiwara,mengarang,dan menggambar, Semua pengalaman hidupnya itu ditulis dalam sebuah buku yang berjudul "Aids to Scouting". Sebenarnya buku ini berisi tentang petunjuk kepada tentara muda Inggris agar dapat melakukan tugas penyelidikan dengan baik. Akhirnya pada 25 Juli 1907,sebanyak 21 orang pemuda Boys  dari berbagai wilayah Inggris dilatih & diajak berkemah di Pula Brownsea selama 8 hari

   Pada th 1908, Boden Powel menulis pengalamannya dalam sebuah buku yang berjudul "Scouting for Boys". Buku ini disusun sebagai bahan materi pada latihan kepramukaan yang dirintisnya. Pada mulanya latihan ini ditunjukkan kepada anak laki0laki usia penggalang yang disebut Boys Scout. Namun atas bantuan Agnes (adik perempuannya), didirikanlah sebuah organisasi kepramukaan putri yang bernama Girl Guides. Kemudian,organisasi ini dilanjutlan oleh Nyonya Boden Powell.
 
   Pada th 1916, berdiri kelompok pramuka usia siaga yang disebut CUB (Anak Serigala) dengan buku berjudul "The Jungle Book". Buku ini berisi tentang cerita Mowgli anak didikan Rimba (anak yang dipelihara di hutan oleh induk serigala) karangan Rudy Kipling sbg cerita pembungkus kegiatan CUB tsb. Pada th  1918, BP membentuk Rover Scout (Pramuka penegak). Pada th 1920, diselenggarakan Jambore dunia pertama di Arena Olympia,London.
 
    Pada th 1920, Boden Powel mengundang anggota pramuka dari 27 negara dan pada saat itu ia diangkat sebagai Bapak Pramuka Sedunia. Selanjutnya, th 1922,ia menerbitkan buku "Revoring to Success" yang artinya Mengembara menuju bahagia. Buku ini berisi tentang petunjuk bagi pramuka penegak dalam menghadapi kehidupan.

   Pada th 1958, Biro Kepramukaan Putra Sedunia dipindahkan dari London ke Ottawa di Kanada. Kemudian pada 1 Mei 1968 Biro tsb dipindahkan lagi ke Ganewa, Swiss. Sejak th 1920-1965, kepala Biro Kepramukaan dipegang berturut" oleh Hubert Martin (Inggris), Kol J.S Wilson (Inggris), Mayjen D.C Spry (Kanada). Pada th 1965,D.C Spry diganti oleh R.T Lund & sejak 1968-sekarang sekjen dipegang oleh DR.Lasza Nagy.

 
Tahun 1912, BP bertemu dengan Olave St Clair Soames, dalam sebuah perjalanan kapal laut ocean liner (RMSP Arcadian) ke New York, pada saat itu umur Boden Powel 55 dan Olve 23. Uniknya, mereka memiliki kesamaan tanggal lahir dan memutuskan untuk bertunangan pada tanggal yang sama juga. Pada tanggal 30 Oktober 1912 mereka memutuskan untuk menikah. Dari hasil pernikahan ini, mereka dikaruniai tiga orang anak (satu orang putra dan dua orang putri) :
Arthur Robert Peter Baden-Powell (30 Oktober 1913 – 9 Desember 1962)
Hon. Heather Grace Baden-Powell (1 Juni 1915 – 3 Mei 1986)
Hon. Betty St. Clair Baden-Powell, CBE (16 April 1917 – 24 April 2004)

Dan,akhirnya pada tanggal 8 Januari 1941 BP meninggal di Kenya,Afrika.

Naah...sobat Remaja's itu merupakan sepenggal dari sejarah & biografi Bapak saya (eh' maksudnya Bapak Pramuka dunia) hehe.... SALAM PRAMUKA !!!.....
add Umy Savytry  & follow @UmySavytrY

1 comment:

Jangan lupa komentar nya... :)